Tampilan Laman

Saturday 21 July 2018

Shortcut perintah di komputer yang sering digunakan

Berjumpa lagi dengan Info SD N Sucen...
Pada kesempatan ini, akan saya jelaskan fungsi shortcut yang sering sekali digunakan saat pengoperasian komputer, baik saat mengerjakan Office atau bahkan saat menggunakan windows explorer atau program yang lain. Fungsi tersebut antara lain :

  1. Perintah Copy, Paste, dan Undo : Anda dapat menggunakan kombinasi key Ctrl+C untuk menyalin huruf, kata, atau kalimat dengan cara memilih huruf, kata, atau kalimat tersebut. Ini bisa digunakan bukan hanya di program office saja, akan tetapi juga pada program yang lain seperti windows explorer, browser atau yang lain (kecuali pada command prompt). Sedang untuk menempel di aplikasi lain silahkan tekan Ctrl+V dan Ctrl+Y untuk membatalkannya.
  2. Perintah Edit : Pengalaman saya, dulu kalau ingin mengubah nama file sering kali menggunakan mouse dengan cara klik kanan kemudian rename, atau klik sekali untuk memilih dan klik lagi dengan jeda tidak boleh cepat atau lambat setelah itu baru rename. Terkadang bukan merubah nama file atau folder, akan tetapi malah membuka file atau folder tersebut. Lain halnya jiga menggunakan tombol F2, file atau folder lebih mudah di rename.
  3. Perintah Refresh : Terutama untuk aplikasi browser seperti crom, mozila atau lainnya, gunakan tombol F5 untuk mereload halaman atau merefresh tampilan laman.
  4. Merubah Huruf Besar atau kecil : Ini khusus untuk aplikasi MS Word. Mungkin Anda sering mangalami lagik asiknya mengetik huruf awal pada suatu kata yang seharusnya kapital tidak kapital karena mungkin dalam menekan tombol sifht kurang sempurnya, jadi harus meletakkan kursor kembali ke posisi huruf pada kata tersebut. Ini tentu memakan banyak waktu. Alangkang lebih cepatnya jika kita menggunakan kombinasi tombol Shit+F3 untuk merubah kata tersebut. Coba saja ... dan rasakan bedanya. Cukup meletakan kursor pada kata tersebut boleh di belakang, tengah atau di depan, dan tidak harus menghapus huruf tersebut.
  5. Pengganti "select" atau mouse pointer : Kadang ada masalah dengan mouse dan kita harus menggunakan komputer untuk mengerjakan tugas. Ini tentu sangat menjengkelkan. Tapi jangan kawatir, anda bisa menggunakan tombol Tab sebagai pengganti pointer mouse. Silahkan tekan tombol Tap untuk mencobanya dan tekan lagi ke arah menu pada suatu aplikasi misal aplikasi MS Word, dan gunakan tanda panah untuk bawah untuk membuka sub menu.

Demikian Info yang dapat saya sampaikan sebagai dasar Anda dalam mengoperasikan komputer, mungkin hanya sedikit dan bahkan sangat sedikit, akan tetapi saya berharap semoga bermanfaat.

Terima Kasih. 

No comments:

Post a Comment