Tampilan Laman

Saturday 14 July 2012

Aplikasi pendataan untuk peserta didik dan tenaga kependidikan

Aplikasi Pendataan Dikdas dan Manfaatnya

Akhir-akhir ini tenaga administrasi atau Tata Usaha yang ditunjuk oleh sekolah, akan disibukan dengan Pendataan Peserta Didik dan Tenaga Kependidikan. Bagi saya pribadi, ini merupakan hal sedikit rumit karena aplikasi yang mirip dengan MS Acces ini sedikit berbelit pada saat penyimpanan data. Hal ini dikarenakan banyaknya icon refres pada aplikasi tersebut. Berikut langkah - langkah dari penginstallan aplikasi sampai dengan memunculkan reportingnya.

Pengunduhan Aplikasi dan penginstallan aplikasi pendataan.

  1. Aplikasi dapat diunduh di http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id/dload/aplikasi_pendataan_2012.zip Nah setelah itu lakukan prosedur download.
  2. Setelah memiliki file aplikasi pendatan 2012.zip tersebut, extract contoh local disk (C)/user/USER. Setelah selesai, jika anda langsung menjalankan penginstallan dengan mengklik setup, pada saat step ke dua (pengisian kabupaten) akan diperoleh pensan xxx.zip tidak ditemukan, Untuk itu khusus anda yang ingin menginstall aplikasi ini, untuk daerah Kab. Magelang, silahkan download http://www.2shared.com/file/ejk8uIXK/191.html setelah selesai copy faile tersebut pada folder offlinedb yang suda ada pada folder dimana anda mengextract file aplikasi pendataan 2012 diatas.
  3. Untuk kabupaten lain coba serch di google sesuai dengan file yang ditanyakan. Untuk mengetahui file yang ditanyakan, jalankan prosedur penginstallan pada step ke dua pilih kabupaten sesuai dengan kebutuhan anda, kemudian lanjutkan pada step berikutnya, jika file offlinedb masih kosong, maka akan ada pesan file ....zip tidak ditemukan, cari file tersebut dan download. kemudian copy ke file offlinedb.
  4. Setelah semuanya selesai akan terdapat icon Aplikasi pendataan pada dekstop anda. Jalankan aplikasi tersebut, untuk pertama kali anda akan disodorkan form yang berisikan Nama Lengkap anda, email anda, password (password ini untuk membuka aplikasi, bukan password email anda, ini terserah anda), kemudian No HP dan yang terakhir adalah kode regristasi. Untuk kode regristrasi bisa ditanyakan ke KKDatadik Kecamatan/Kabupaten atau melalui helpdesk Online di infopedataan.
  5. Pada saat meminta kode regristrasi minimal ada menuliskan Nama Lengkap, Emai, NPSN dan NSS sekolah anda. dan Kode regristrasi akan dikirim melalui email anda.
Nah Sampai disini pengundungan dan peginstallan aplikasi seduah selesai, untuk pengisian akan saya jelaskan kemudian.
Semoga bermanfaat.  
 
  

No comments:

Post a Comment